Macaroni Schotel

Macaroni Schotel adalah salah satu jenis hidangan klasik warisan moyang jaman Belanda. Hidangan ini termasuk menu istimewa yang biasa disajikan di saat spesial juga di rumah-rumah keluarga Indonesia.

Macaroni adalah sejenis pasta yang berbentuk pipa bersiku (elbow). Jenis-jenis pasta yang beredar di Indonesia cukup banyak, seperti spaghetti (mie), fetuccine (mie pipih), angel hair (mie yang sangat kecil dan halus), penne (pipa lurus), lasagna (lembaran), dll.. Untuk jelasnya, silahkan google-ing aja yah..
Sedangkan kata Schotel berasal dari bahasa Belanda yang artinya pinggan. 

Secara gamblang, ini adalah pasta yang dimasak dalam pinggan. Umumnya di oven, tapi ngga menutup kemungkinan juga untuk dikukus, kalau ngga punya oven.. :D


Resep saya adaptasi dari mbak Ina Elkaje, yang menggabungkan 2 metode; kukus lalu panggang.
 
Bahannya:
250 gr macaroni elbow, rebus 3/4 matang
200 gr keju, potong dadu 1/2X1/2 cm (aku: 150 gr)
3 buah sosis, potong tipis 3 mm
100 gr daging giling sedikit lemak
400 ml susu cair (aku: + 100 ml air)
5 butir telur (aku: 6 butir)
1 butir bawang bombay, potong kecil kecil
2 sendok makan margarin (aku: 1 sdm margarin + 1 sdm butter)
garam, gula, pala, merica (aku: + oregano kering)


Topping Saus Putih:
1 sdm margarine (aku: 1/2 sdm margarin + 1/2 sdm butter)
2 sdm tepung terigu
250 cc susu cair
garam, merica

Taburan:
100 gr keju cheddar parut (aku: + parsley cincang)

Caranya:
- Tumis bawang bombay dengan margarin sampai harum dan layu, masukkan pala, daging giling. Tumis sampai daging matang.
- Campur semua bahan scotel termasuk tumisan daging, aduk rata. Tambahkan seasoning sampai rasanya pas.
- Tuang ke dalam loyang aluminum foil ukuran 25x25 cm atau pinggan tahan panas yang sudah di oles margarin.
- Kukus selama 30 menit sampai matang. Sisihkan.

Topping:
- Lelehkan margarin, masukkan terigu, aduk cepat sampai rata.
- Tuangkan susu sedikit demi sedikit sambil di aduk cepat agar tidak bergerindil. 
- Terakhir, tambahkan seasoning sesuai selera.

Penyelesaian:
- Tuang topping ke atas schotel, ratakan, taburi dengan bahan taburan.
- Panggang dengan api atas selama 15 menit.
 

Resep ini memang sepintas agak ribet dan panjang prosesnya. Tapi, percaya deh, makannya ngga bakalan ribet :D
 

Happy baking!

0 komentar:

Posting Komentar