Fresh milk vs Buttermilk

Ditengah pencarian resep di eyang gugel, saya jadi berpikir, sebenarnya apa sih beda penggunaan fresh milk dengan buttermilk. Kedua bahan tersebut pada dasarnya ada perbedaan, sih.. Cuma yang saya ngga ngerti, kenapa ada resep A pakai susu segar, sementara resep B pakai buttermilk. Apa sih, bedanya?

Kalau dari rasa sih memang berbeda. Fresh milk yaa seperti susu cair pada umumnya, sementara buttermilk lebih asam hampir mirip seperti yoghurt. Fresh milk ngga bisa bikin sendiri karena musti minta ke 'mama moo', sedangkan buttermilk kita bisa bikin sendiri di rumah dari susu segar yang diampur dengan air perasan jeruk lemon / jeruk nipis.

Daripada penasaran, saya lemparlah pertanyaan itu ke milis NCC karena saya yakin banget disitu banyak anggota milis yang ngerti dan paham.. :) Dan mereka pasti dengan senang hati berbagi dengan saya..


Jadi begini, saya tarik kesimpulan aja dari ibu Maria Bouma, pak Budiman Halim , mbak Trinitati Saragih, dan mbak Dian Adiwaskita *halo semuanyaaa..* ~~>

Buttermilk aslinya adalah sisa dari proses pembuatan  butter dan cream, rasanya asam seperti yoghurt karena adanya bakteri baik Streptococcus lactis atau Lactobacillus bulgaricus yang tumbuh didalamnya. Rasa asam ini menandakan tingginya tingkat keasaman dalam produk tersebut yang akan sangat baik jika dipadukan dengan soda kue akan menimbulkan gas yang bisa menjadikan cake mengembang dengan baik. Asam + soda kue = soulmate.

Selain itu, penggunaan buttermilk dalam resep juga akan membuat cake lebih lembut, khususnya untuk jenis buttercake. Kalau untuk adonan sponge cake, penambahannya harus hati-hati karena kalau tidak, cake akan jadi berat dan bantat. Karena itu jarang sih ada resep sponge cake yang pakai buttermilk atau fresh milk, kebanyakan pakai susu bubuk karena akan lebih mudah dicampurkan dengan terigu. Eh, kalimat terakhir ini kesimpulan saya lhoo..

Sedangkan untuk rasa, cake dengan buttermilk akan lebih kaya dibandingkan jika kita hanya memakai fresh milk. Untuk memperkaya rasa, penggunaan fresh milk dalam resep bisa dicampurkan dengan buttermilk dengan perbandingan 50:50. Jangan diganti 100% karena cake nya akan mbludak, karena terlalu banyak gas didalamnya.

Buttermilk, selain bisa dibeli di TBK atau supermarket, bisa juga dibuat sendiri di rumah. Ada beberapa cara;
Cara pertama: 1 cup fresh milk ditambahkan dengan 1 sdm air perasan jeruk lemon / jeruk nipis. Diamkan 10-15 menit sebelum digunakan.
Cara kedua: 1 cup fresh milk ditambahkan dengan 1 3/4 sdm cream of tartar, aduk sebentar. Diamkan 10-15 menit sebelum digunakan.
Keduanya sama-sama akan menghasilkan susu yang terlihat sedikit menggumpal. Gunakan gelas kaca untuk hasil yang maksimal.

Jadi, demikianlah hasil pembelajaran saya kemarin. Efek sampingnya, makin penuhlah isi otak saya dengan ide-ide ajaib ^_^

  
 
 
  

0 komentar:

Posting Komentar