Hidden Heart Cake

Tahun baru, semangat baru, katanya.. Hehehehe..
Etapi kayaknya ngga perlu nunggu taun baru deh.. Karena every day is a brand new day kan? Yang penting tetep move on, jadi yang terbaik, lebih kreatif, dan kalo bisa, jangan cuma jadi follower :p

Kali ini seru-seruan bikin hidden cake.. Duluuuu, udah pernah bikin.. Tapi, karena masih belum ngerti gimana itu nge blog dan gimana itu cara ngambil foto yang bagus (baca: tools-nya belum punya), jadi ya terlewatkan begitu saja..

Cake ini penuh dengan unsur kejutan. Bayangin aja, begitu di potong, voila! Terlihat bentuk hati yang cantik di dalam cake nya.
Pssst.. Ngga cuma bentuk hati lho, boleh juga bentuk lainnya kok.. Aku pakai bentuk hati, karena punya cookie cutter yang bentuk ini :p
Inspirasi dari mana? Banyakkk.. Cuman seringnya aku ngga ngikut resep "nyel-nyel".. Biasanya aku ubah dikit-dikit, atau malah ganti resep sekalian meskipun hasil akhirnya 11-12 dengan aslinya..




Bahannya:
-          2 butir putih telur
-          25 gr gula pasir
-          120 gr mentega
-          175 gr gula pasir
-          2 butir kuning telur, aduk lepas
-          1 sdt vanilla
-          200 gr tepung terigu
-          1 sdt baking powder
-          150 ml susu cair
-          Pewarna merah muda

Caranya:
    - Siapkan 1 buah loyang ukuran 10 x 20 x 4 cm dan 1 buah loyang ukuran 10 x 20 x 7 cm, olesi dengan margarine dan taburi dengan terigu, sisihkan. Panaskan oven 170°C.
    - Campur terigu dan baking powder, aduk rata, ayak, sisihkan.
   - Kocok putih telur dan gula pasir hingga mengembang dan kaku. Sisihkan.
   - Kocok mentega dan gula pasir hingga lembut mengembang. Masukkan telur dan vanilla, kocok hingga tercampur rata. Masukkan campuran terigu dan susu secara bergantian, kocok hingga adonan menyatu. Matikan mikser.
- Campurkan kedua adonan dengan teknik pancing.
- Ambil 40% adonan, beri pewarna merah muda secukupnya, aduk rata. Lalu tuang ke dalam loyang yang lebih pendek, kemudian panggang selama 20 menit hingga matang. 
- Setelah matang, keluarkan dari dalam oven, diamkan selama 5 menit pada suhu ruang, kemudian keluarkan cake dari loyang. Cetak cake berbentuk  hati dengan menggunakan cookie cutter sampai seluruh cake habis tercetak. Sisihkan.

- Tuang sebagian dari 60% adonan ke dalam loyang hingga mencapai  ½ tinggi loyang. Letakkan potongan cake berbentuk hati di dalamnya secara vertical. Susun berjajar hingga rapat. Kemudian, tuang seluruh sisa adonan sampai cake hati tertutup sempurna. 


- Panggang selama 35 menit hingga matang. 
- Setelah matang, keluarkan dari dalam oven. Diamkan sebentar di suhu ruang sebelum cake dikeluarkan dari dalam loyang. Kemudian keluarkan cake dari dalam dengan cara membalikkan loyang ke atas rak pendingin. Biarkan dingin sempurna. Potong-potong, lalu sajikan.


Happy baking!








1 komentar: