Cheesy Muffin w/ orange sauce

Hasil dari oleh-oleh teman baikku dari perjalannya ke Korsel, aku dibawain keju cheddar blirik dan selai orange.. Mau dibikin apa? Mikir-mikir, yg cepet ya muffin. Oke, muffin keju. Tengahnya diisi selai orange itu tadi. Okesip.


Keju cheddar blirik ini ternyata teksturnya lunak banget, dan rasanya juga ngga sepekat keju lokal. Menurut yang bawain sih, kalo dipanasin, dia bisa lumer, tapi ngga se meleleh keju quick melt. Whatever deh.. Hehehehe..

Setelah diolah jadi muffin, bener, rasa kejunya light banget. Karena di dalam adonan aku masukin parutan kulit jeruk nipis dan diisi selai orange, walhasil rasa kejunya malah ngilang. 
Ngga cuma di muffin, si keju blirik ini aku masukin juga ke klappertaart "jatah" hubby.. Rasanya, not bad.. Cukup berasa ngeju.. Ntar kapan-kapan pengen coba diolah jadi yang lain ah..


Resepnya masih seperti yang ini sih.. Originally posted by Just Try & Taste which I do loved, tapi dengan sedikit perubahan.

Bahan:
- 250 gram tepung terigu serba guna
- 120 gram keju cheddar parut (aku pakai 150 gr supaya yumyumm)
- 150 gram gula pasir
- 3 sendok teh baking powder
- 1/4 sendok teh garam
- 2 sendok teh parutan kulit jeruk lemon
- 1 butir telur ayam ukuran besar
- 235 ml susu cair
- 100 gram mentega, cairkan (aku pakai minyak sayur, dg berat yang sama)

 
Filling:
- Selai orange
 
Cara:
- Siapkan oven 170 C. Siapkan 12 buah cupcases ukuran besar.
- Ayak tepung terigu, baking powder dan garam. Sisihkan. 
- Di mangkuk terpisah, kocok lepas telur dengan menggunakan balloon whisk, tambahkan gula, kulit jeruk, garam dan minyak. Aduk rata. 
- Tambahkan tepung terigu dan susu cair secara bergantian, aduk perlahan seperlunya saja hanya agar adonan basah. Jangan terlalu lama mengaduk, tidak perlu khawatir dengan gumpalan-gumpalan kecil tepung seukuran kacang tanah. Pada saat dipanggang gumpalan tersebut akan meleleh.  Masukkan parutan keju, aduk rata. 
- Masukkan adonan ke dalam cupcase sebanyak 1,5 sdm, beri 1/2 sdt selai di bagian tengahnya, lalu beri adonan lagi sampai setinggi 3/4 cupcase. 
- Panggang selama 20-25 menit hingga matang.
- Setelah matang, keluarkan kue dari oven lalu sajikan.

 
Happy baking..!

0 komentar:

Posting Komentar