Zebra Cake Putih Telur



Sisa putih telur dibuang sayang..

Buat kebanyakan orang, sisa putih telur selalu jadi perkara. Alih-alih dibuang, saya malah cukup sering sengaja membeli putih telur kiloan di TBK dekat rumah untuk diolah. Dan suami saya pun juga ternyata lebih menyukai rasa cake berbahan dsar putih telur ini ketimbang cake yang biasa; pertimbangannya selain karena lebih low cholesterol, rasanya juga lebih menul-menul menggiurkan..

Dan setelah (lagi-lagi) browsing sana-sini, ternyata banyak juga loh resep cake berbahan dasar putih telur yang uwenak! Salah satunya sebut saja The Epic Rainbow Cake a la Kaitlin yang merupakan resep awal rainbow cake yang fenomenal itu, ternyata hanya menggunakan putih telur dalam resepnya. Padahal dari segi rasa  menurut saya cake-nya sangat soft dan creamy..
Kali ini, kenapa zebra cake-nya teteh Rina ‘Rinso’ Sofiany saya jadikan bahan? Selain karena saya belum pernah coba bikin zebra cake, resep teh Rina ini mendapat cukup banyak direkomendasikan oleh para bakers  dalam negri. 



Jadi, bagaimana kalau kita mulai saja ^^

Bahannya:
400 cc putih telur (setara dengan 240 gr putih telur atau 8 putih telur)
200 gr pula pasir
1 sdt SP
175 gr terigu
25 gr maizena
1 sdm coklat bubuk (bisa diganti dengan pasta apa saja sesuai selera)

Caranya:
Siapkan loyang tulban atau loyang bulat biasa berdiameter 22 cm, olesi dengan margarine dan taburan terigu. Siapkan juga dandang kukusan / klakat. Sisihkan. (Note: Sebenarnya resep ini dipanggang, tapi  saya kukus aja karena saya sedang malas menyiapkan oven. Kalau mau dipanggang, siapkan oven 180°C).
Kocok putih telur dan SP hingga pucat mengembang, lalu masukkan gula pasir sedikit-sedikit sambil terus dikocok hinga kaku. Matikan mixer.
Masukkan campuran terigu dan maizena yang sudah diayak ke dalam adonan, aduk lipat hingga rata.
Bagi adonn menjadi 2 bagian. Boleh 50:50 atau 70:30 sesuai selera. Campur sebagian adonan dengan pasta coklat, aduk rata.
Tuang adonan secara begantian ke dalam loyang dengan menggunakan sendok sayur atau sendok makan di bagian tengah loyang.
Setelah semua adonan selesai dituang, kukus dengan api kecil selama 40 menit. Selama mengukus, jangan lupa lapisi tutup dandang dengan kain lap yang bersih supaya air tidak menetes ke permukaan cake. (Note: Kalau pakai oven, panggang selama 20 menit atau sampai matang)
Setelah matang, keluarkan dari kukusan, dinginkan sebentar dalam loyang, lalu keluarkan. Potong-potong dan sajikan.

Happy steaming!

0 komentar:

Posting Komentar