Pineapple Cake Upside-down



Tempo hari sewaktu saya dan Dinda, adik saya, lagi belanja asesoris ke Pasar Sayur Balikpapan, ngga sengaja berpapasan dengan pedagang nenas yang sedang membersihkan buah nenasnya. Dari jauh penampakannya  sangat menggiurkan, jumbo size dan kuning tua! Penasaran, saya dekati. Waah, baunya manis sekali! Beli deh..
Karena Dinda takut sang nenas ngga habis kemakan, jadi terpikir kenapa sebagian ngga dibikin cake aja? Mumpung saya lagi di Balikpapan, sekalian biar Dinda bisa praktek juga kan?

Saya ingat, dulu pernah bikin Apple Cake Upside-down, tapi rasa cake-nya kurang pas dan rontok. Mungkin karena base-nya adalah sponge cake, jadi kurang matcing kalau dipadu dengan buah-buahan yang berat. Maka browsing lah diriku, ketemu dengan salah satu resep yang menurut saya bisa dicoba di situs http://catatan-nina.blogspot.com/. Dengan sedikit modifikasi, bener, cake-nya padat pas berpadu dengan nenas, tetapi tetap terasa lembut.. Thank you, Mbak Nina ^^



Bahan-bahannya:
5 kuning telur (resep asli 4 kuning telur)
3 putih telur
120 gr gula kastor (saya pakai gula pasir yang diblender sebentar)
125 gr margarine
100 gr terigu
10 gr maizena
15 gr susu bubuk full cream
½ sdt vanilla
1 cup potongan nenas segar
Beberapa slice nenas potong dan buah cherry untuk topping (saya ngga pakai cherry)

Caranya:
Siapkan loyang bulat atau loyang tulban boleh juga, diameter 20cm, alasi dengan kertas roti, dan olesi dengan margarine. Siapkan oven 180°C.
Atur nenas slice di dasar loyang, sisihkan.
Kocok margarine dan 2/3 bagian gula kastor hingga pucat dan lembut. Masukkan kuning telur satu persatu sambil dikocok terus hingga rata. Matikan mixer.
Masukkan campuran terigu dan maizena yang sudah diayak ke dalam adonan, aduk balik dengan spatula. Sisihkan.
Dalam bowl lain, kocok putih telur hingga mengembang, lalu masukkan sisa 1/3 bagian gula kastor sambil terus dikocok hingga kaku. Pastikan bowl yang dipakai benar-benar bersih dan kering supaya putih telur bisa mengembang sempurna.
Campur kedua adonan dengan teknik pancing, lalu aduk rata dengan spatula. Kemudian tuang adonan ke dalam loyang. Panggang selama 20 menit atau hingga matang.
Setelah matang, keluarkan dari oven. Diamkan sekira 5 menit sebelum dikeluarkan dari loyang dengan cara dibalikkan.
Cake siap dihidangkan.

Saya sedang berpikir resep ini bisa diadaptasikan untuk Apple Cake Upside-down juga.. Ntar deh ^^


Happy baking!



0 komentar:

Posting Komentar