Ombre Cake

Tiap kali disebut nama Ombre Cake, pasti inget sama kawanku Hepi Hapsari.. Yep, ibu yang satu inilah yang pertama kali memperkenalkanku dengan cake jenis ini setelah aku berhasil menaklukkan *eaaa* Rainbow Cake sekitar 3 tahunan lalu, jaman aku baru buka pintu oven :))

Sekali lagi, aku ogah ikut pakem. Resepnya aku pakai yang simple aja deh. Pakai resep dasar buttercake 2 telur punya NCC yang ku kembang biakkan supaya sesuai dengan kebutuhan. Kenapa pilih pakai buttercake? Karena jenis cake ini enak, dan lebih gampang bikinnya :p

Inti dari Ombre Cake ini adalah warna monokromatik yang bergradasi dari yang paling gelap sampai yang paling terang. Jadi, musti dihitung bener, berapa jumlah tetes pewarna yang masuk ke dalam adonan.. Otherwise, buyar.

Bahan:
-          6 butir putih telur
-          150 gr gula pasir
-          360 gr mentega
-          400 gr gula pasir
-          6 butir kuning telur, kocok lepas
-          1 sdm vanilla
-          600 gr tepung terigu
-          1 sdm baking powder
-          450 ml susu cair
-          Pewarna makanan merah
Frosting:
-          Whipped cream
-          Sprinkle warna warni
Cara:
1.      Siapkan 4 buah loyang bulat diameter 18 cm, olesi dengan margarine dan lapisi dengan kertas roti, sisihkan. Panaskan oven 170°C.
2.      Campur terigu dan baking powder, aduk rata, ayak, sisihkan.
3.      Kocok putih telur hingga berbuih, masukkan gula sedikit demi sedikit, kocok terus hingga mengembang dan kaku, sisihkan.
4.      Dalam wadah lainnya, kocok mentega dan gula hingga lembut mengembang.
5.      Masukkan kuning telur dan vanilla, kocok hingga rata.
6.      Masukkan campuran terigu dan susu secara bergantian, kocok hingga adonan rata, kemudian matikan mikser.
7.      Campurkan kedua adonan dengan teknik pancing, aduk hingga rata dengan spatula.
8.      Bagi adonan menjadi 4 bagian sama banyak. Beri pewarna merah masing-masing bagian dengan perbedaan komposisi:
a.       1 tetes pewarna untuk adonan pertama
b.      2 tetes pewarna untuk adonan kedua
c.       3 tetes pewarna untuk adonan ketiga
d.      4 tetes pewarna untuk adonan keempat
9.      Tuang masing-masing adonan ke dalam loyang-loyang yang sudah disiapkan, lalu panggang selama 20 menit hingga matang. Jika hanya memiliki 2 buah loyang yang ukurannya sama, gunakan secara bergantian.
10.  Setelah matang, keluarkan dari oven, diamkan sekitar 5 menit pada suhu ruang, lalu keluarkan cake dari dalam loyang dengan cara membalikkan loyang ke atas rak pendingin, kelupas kertas pelapisnya, lalu biarkan dingin sempurna.
11.  Letakkan satu bagian cake yang berwarna paling gelap di atas piring saji, olesi dengan whipped cream. Lalu letakkan cake yang berwarna lebih muda di atasnya, olesi dengan whipped cream. Lakukan berulang hingga cake yang berwarna paling terang berada di bagian teratas susunan. Olesi bagian paling atas dengan whipped cream, kemudian taburi dengan sprinkle warna warni. Simpan dalam lemari pendingin selama 1-2 jam sebelum disajikan supaya tumpukan menyatu sempurna.
12.  Setelah dingin, keluarkan dari dalam lemari pendingin, potong-potong, lalu sajikan.


Happy baking..!

0 komentar:

Posting Komentar