Simply White Cake

Ceritanya aku pengen ikut bikin si white cake punyta mbak Nina 'Naura Cakes' yang sempat booming beberapa waktu lalu di fb-group.  Beberapa bulan lalu pernah coba bikin, dan memang enak sih. Lembut.

Nah, kali ini aku bikin lagi. Maksud hati mau dibawa ke rumah adik di Depok, sekalian test rasa ke mama mertua juga :D Seneng dong, kalau dibilang "pinter bikin kue".. Hehehehe..


Bahannya:
- 225 gr gula pasir (aku 200 gr)
- 250 gr tepung terigu
- 200 ml putih telur
- 100 ml susu cair
- 100 ml minyak sayur
- 1 sdm emulsifier
- 1/4 sdt vanili
- 1/4 sdt baking powder
- 1/4 sdt garam
- Pewarna makanan sesuai selera

Caranya:
- Siapkan loyang cetakan, oles tipis dengan minyak goreng. Sisihkan. Siapkan dandang kukusan, isi dengan air sampai 1/2 tinggi garis batas, panaskan hingga air mendidih dan uap cukup banyak. Kecilkan api, untuk menstabilkan panas.
- Campur semua bahan, mikser sampai mengembang selama 8-10 menit.
- Setelah rata, matikan mikser. Ambil beberapa sendok adonan, masukkan ke dalam mangkuk-mangkuk kecil untuk diberi warna sesuai selera.
- Atur adonan di dalam loyang, lalu kukus dengan api kecil selama 30-40 menit. Jangan lupa lapisi tutup dandang denganserbet bersih supaya uap air tidak jatuh ke permukaan kue.
- Setelah matang, diamkan sebentar sebelum dikeluarkan dari cetakan, supaya kue mudah lepas.
- Siap disajikan.

White cake ini jelmaannya banyak. Ada yang memodifikasinya jadi cupcake, fancy bolkus, tiramisu kukus, rainbow cake kukus, ..you name it we have it lah pokoknya.. :D
 

Happy steaming..!
 

0 komentar:

Posting Komentar