Kupang Lonthong - the yummiest street-food ever.

Kupang Lonthong, adalah menu panganan wajib kalau aku lagi lewat Sidoarjo. Dari semua warung yang pernah aku coba, cuma ada satu warung yang Kupang Lonthong-nya paling enak, menurutku dan suami, yaitu yang ada di daerah Candi, di depan pertigaan gang Keramean Ngetan. Warung sederhana dari gedheg bambu dengan penanda nama dari kain warna hijau tua. Nama warungnya kok aku lupa :D *maafkan*

Ketemu sama warung ini juga karena aku pernah tinggal sekira 1,5 tahun di daerah situ. Kalau hari libur, dan kalau ada duit lebih :D, pasti kita berdua menyempatkan diri hunting panganan rakyat. We are street-food lovers!
Dari kebiasaan situlah kita memutuskan, kalau Kupang Lonthong di warung tersebutlah yang paling maknyoush..

Menurut kak Wiki, street-food ini terbuat dari sejenis hewan laut yang berbentuk seperti kerang berwarna putih seukuran sedikit lebih besar dari butiran beras. Nama latinnya Corbula fabai H, atau kerang putih. Cara memasaknya pun sederhana, hanya direbus setelah dikupas dan dicuci bersih.

Menghidangkannya pun ngga kalah simple. Hanya dituangkan ke ulekan bumbu campuran bawang putih, garam, gula, cabe rawit, petis udang, dan perasan jeruk nipis. Biasa disajikan dengan lonthong, lentho, dan sate kerang. Lentho adalah gorengan yang terbuat dari campuran serutran singkong dan biji kedelai. Biasanya lentho ini diremetkan di atas sepiring Kupang Lonthong. 


Beberapa orang ada yang agak tidak tahan pencernaannya kalau makan Kupang Lonthong ini. Maka dari itulah panganan ini selalu didampingi dengan es kelapa muda yang manis dan segar untuk menetralisir efek sampingnya.

Buat yang ngga suka dengan makanan laut, mungkin sebaiknya pikir-pikir lagi deh, sebelum menyantap seporsi panganan ini. Karena beberapa orang bilang, panganan ini bau amis. Tapi kalau yang doyan, seperti aku dan suami, bisa-bisa seporsi ngga akan cukup! Apalagi, harganya juga murah banget. Satu porsi Kupang Lonthong dan segelas es kelapa muda, harganya nggak lebih dari limabelas ribu rupiah sahaja.. Kebayang dong ;)

Hadduh, jadi ngiler sendiri.. Hahahaha..

Happy hunting! 

 

 
  
 

0 komentar:

Posting Komentar