Bolu Ketemju - Ketan Item Keju

Sesuai ide yang melintas tempo hari, hari ini aku merealisasikan 'nafsuku' untuk memadukan Bolu Ketem dengan Bolu Keju.
Dan beginilah hasilnya sodara-sodara.. Paduan rasa legit dan cheesy; berimbang ngga bikin eneg.



Ada sedikit perubahan di resep Bolu Ketem-nya, penggunaan minyak goreng saya ganti dengan minyak kelapa. Benar, aromanya lebih wangi dan tradisional.. Bau desa.

Bahannya:

Bahan 1:
- 6 butir telur
- 200 gr gula pasir
- 1 sdt SP
- 1/4 sdt garam

Bahan 2:
- 175 gr tepung ketan hitam
- 100 ml susu cair
- 75 ml minyak kelapa

Bahan 3:
- 100 gr terigu
- 75 ml susu cair  
- 100 gr keju cheddar parut halus


Caranya:
- Siapkan loyang tulban diameter 23 cm, olesi dengan margarin dan taburan terigu, taburi bagian bawahnya dengan sedikit bagian keju parut, sisihkan. Siakan juga dandang kukusan.
- Kocok Bahan 1 dengan mixer speed tinggi sampai kental berjejak. Bagi adonan menjadi 2 bagian yang sama rata dengan menggunakan timbangan.
- Untuk lapisan ketan hitamnya, masukkan tepung ketan hitam yang sudha diayak ke dalam sebagian adonan, aduk rata dengan spatula. Lalu masukkan susu cair dan minyak kelapa secara bergantian, aduk rata.
- Tuang ke dalam loyang tulban yang sudah disiapkan, kukus selama 10-15 menit, angkat. Jangan lupa untuk melapis tutup dandang dengan serbet kain bersih supaya uap air tidak menetes kembali ke permukaan kue.
- Untuk lapisan kejunya, masukkan terigu ke sebagian adonan lainnya, aduk rata dengan spatula. Lalu masukkan susu cair dan keju parut bergantian, aduk rata.
- Tuang adonan keju ini di atas lapisan ketan hitam yang setengah matang tadi, lalu kukus lagi selama 25 menit sampai matang.
- Setelah matang, angkat. Diamkan sekira 5 menit sebelum dibalik ke piring saji.

Aku cukup puas dengan eksperimen ini, meskipun hasilnya masih belum sempurna. Setidaknya, aku sudah coba, dan ini enak. Rasa keju menetralisir rasa legit ketan hitam.

So, happy steaming!  
              

0 komentar:

Posting Komentar