Black Forest Cake

Kali ini bikin Black Forest Cake beneran.
Kenapa aku bilang beneran? Karena deskripsi Black Forest menurut Ibuku sayang, adalah cake cokelat 2 - 3 layer, dilapis buttercream dan ditutup dengan serutan DCC. That's all. Tanpa dark cherry.
Maka itu, aku sempat heran aja, kenapa ada resep cake yang khusus untuk BF ini, karena setauku ya asal sponge cake cokelat aja udah cukup. 

Setelah nyoba bikin yang beneran ini, masih juga aku bingung, kenapa harus pakai resep khusus? Karena menurutku pembeda utamanya hanyalah dark cherry di dalamnya.. Yasudahlah, itu urusan yang bikin resep.

Resep yang aku coba bikin kali ini disadur dari salah satu blog luar, lupa nama blognya, dan yang pasti teknik pembuatan cake nya sangat mengejutkan aku. Gimana enggak, dari adonan yang sangat cair, setelah dipanggang, voila, jadi seonggok cake cokelat yang lembut dan moist.. Wow, ini benar-benar baru buatku..!





Bahan:

Cake:

-          350 gr gula pasir

-          240 gr terigu

-          60 gr cokelat bubuk

-          1 ½ sdt baking powder

-          1 ½ sdt baking soda

-          1 sdt garam

-          2 butir telur

-          240 ml susu UHT

-          120 ml minyak sayur

-          2 sdt vanilla

-          200 ml air panas

Vla cherry:

-          1 kaleng cherry hitam, tiriskan, belah menjadi dua bagian

-          50 gr gula

-        300 ml sirup cherry hitam (dari air cherry hitam kalengan ditambah air putih biasa)

-          3 sdm maizena, cairkan dengan 3 sdm sirup cherry hitam

Pelapis

-          Whipped cream

-          Cokelat masak (DCC)

Cara:

1.      Siapkan 2 buah loyang bulat diameter 22 cm, olesi dengan margarine dan taburi dengan terigu, sisihkan. Panaskan oven 170°C.

2.      Siapkan vla cherry terlebih dahulu. Masak hingga mendidih sirup cherry hitam. Setelah mendidih, matikan api. Masukkan larutan maizena, aduk cepat hingga rata, nyalakan api kembali, kemudian matikan jika sudah meletup tanda matang. Segera masukkan potongan dark cherry ke dalamnya, aduk rata, dinginkan.

3.      Aduk rata gula, terigu, cokelat bubuk, baking powder, baking soda, dan garam.

4.      Masukkan telur, susu, minyak sayur, dan vanilla, lalu kocok dengan kecepatan sedang selama 2-3 menit. Kemudian masukkan air panas, kocok sebentar hingga rata. Adonan akan akan menjadi sangat cair.

5.      Tuang adonan ke dalam 2 loyang sama rata, panggang selama 35 menit hingga matang. Lakukan tes tusuk untuk memastikan. Jika sudah tidak ada adonan yang menempel, berarti cake tersebut sudah cukup matang.

6.      Keluarkan cake dari dalam oven. Diamkan sekitar 10 menit sebelum cake dikeluarkan dari dalam loyang untuk didinginkan.

7.      Setelah dingin, letakkan satu bagian cake di atas piring saji, beri selapis whipped cream di atasnya, kemudian beri vla cherry sesuai selera. Setelah itu letakkan bagian cake yang lain di atasnya. Tutup seluruh permukaan cake dengan whipped cream. Hias sesuai selera dengan cokelat masak, boleh diserut di atasnya atau dibentuk sedemikian rupa sebagai garnish.

8.      Dinginkan di dalam lemari pendingin selama 1-2 jam sebelum disajikan.


Happy baking!

0 komentar:

Posting Komentar