Luna's 5th Birthday

Berawal dari DM sang Bunda bulan lalu: "tgl 12 april lunet mau tiup lilin di sekolah,kira2 bs pesen tart ke ibu? rainbow kek, luarnya purple, btk love".
Kebayang dong, kira-kira bagaimana centilnya cake ini jadinya ^_^

Bongkar-bongkar file foto koleksi dari internet, terpilihlah satu yg sang Bunda setujui, bentuk love, sampingnya dikelilingi pagar cokelat warna ungu berpita, atasnya ada hiasan love-love-nya.. Sip.

Untuk goody bag, rencananya mau bikin mini rainbow taart juga atau cupcake ntar ditulisin. Aku bilang, kalau mau ditulisin, sebaiknya mini taart aja, karena kalau cupcake permukaannya kecil. Tapi akhirnya berubah haluan gara-gara Bunda mau pesan mug. Lha dasar otak ekonomis, aku bilang, ngga usah mini taart, tapi cupcake sama Cheesy Brownies yang dimasukin kedalam mugnya :D

Berarti ada tiga macam. Baiklah. Mulai berpikir, nanti base rainbow taart dan cupcakenya aku mau pakai buttercake putih telur yg milky itu, lalu cheesy browniesnya aku ganti pakai resep pennylane biar ngga terlalu mahal. Tinggal resep buttercreamnya cari yg enak, karena yg biasa aku pakai rasanya kurang lembut.. Ada yang bilang pakai merry whip enak. Tapi masih ragu ke-halal-annya.. Lalu bertanyalah pada teman-teman di halal group, ternyata ada merk yang sudah ber-SH. Alhamdulillaah, senangnyaaa..Bisa deh :)

Inilah hasil pengejawantahan ide-ide di kepalaku. Huehehehe..


Basic resep buttercake putih telurnya aku adaptasi dan modifikasi dari blog ini http://www.whisk-kid.com/2009/08/say-it-with-cake.html. Resep ini adalah resep favoritku utk rainbow cake, karena rasanya yang milky..

Bahannya: 
225 gr margarin
200 gr gula pasir
6 bh putih telur (setara 180 gr putih telur)

2 sdt vanilla essense
425 gr terigu
4 sdt baking powder
½ sdt garam
355 ml susu cair, suhu ruang

Pewarna makanan (ungu, biru, hijau, kuning, orange, dan merah)

Caranya:
- Siapkan beberapa loyang ukuran diameter 20 cm, lapisi dengan kertas roti dan olesan margarin tipis-tipis. Sisihkan. Siapkan oven dengan suhu 170C. 
- Campur terigu, baking powder, dan garam, ayak bila perlu, sisihkan.
- Kocok margarin dan gula sampai mengembang dan pucat. Masukkan putih telur satu persatu sambil terus dikocok. Lalu masukkan vanilla, dan kocok lagi sampai rata. Matikan mikser.
- Masukkan secara bergantian, campuran terigu dan susu secara bergantian, aduk lipat dengan spatula sampai tercampur rata.
- Bagi adonan menjadi 6 bagian yang rata, lalu masukkan beberapa tetes masing-masing warna ke dalam adonan yang berbeda, aduk rata hingga mendapat hasil akhir warna yang diinginkan.
- Tuang 1 bagian adonan ke dalam loyang, lalu oven selama 13 menit. Lakukan hal yang sama dengan adonan yang lainnya.
- Cake siap difinishing setelah benar-benar dingin. Untuk rasa yang lebih enak, olesi masing-masing cake dengan simple syrup yang dicairkan sebelum dilapis dengan butter cream.

Untuk resep butter cream, aku pakai campuran seperti ini:
- 500 gr mentega putih
- 500 gr merry whip
- 1 kaleng susu kental manis
- 2 sdt vanilla essense
Semuanya dikocok jadi satu hingga halus dan rata.  



Resep di atas juga aku aplikasikan untuk cupcakenya. Untuk 1 resep bisa jadi sekitar 24 cup.

Karena aku menghias cake ini di rumah sang Bunda, untuk menyelamatkan diri sendiri, ngga lupa aku siapkan 1 mini rainbow cake juga untuk diobrak-abrik Lunetta, si empunya gawe. Dan terbukti cukup efektif :D

Look at those happy faces of the birthday girl!


Happy baking!

1 komentar:

  1. rani triningtyas: mba liaaa, aku blm pernah buat rainbow cake, mau nanya, itu berarti manggangnya 6x yah? berarti adonannya ngantri buat masuk oven yah...

    BalasHapus