Brownies Kukus

Brownies abal-abal, dibilangnya. Lha gimana, lidah Indonesia. Maunya yang besaaar, empuuuk, muraaahh.. Ya gini deh jadinya.. ^^ 
Yang paling rame di re-cook, sependek pengetahuanku ya resepnya Ny. Liem. Dulu udah pernah nyoba bikin, emang enak kok.. Tapi masalahnya satu, cari yang versi ekonomis. Taulaah, resep brokus sang nyonya ini pake DCC banyaks..  Akhirnya setelah kesana-kemari, aku pakai yang punya Sajian Sedap. tetep, bongkar ulang, karena aku lagi malas beli cokelat bubuk dan ngga pernah pelihara susu bubuk.. Hehehehe..


Untuk keperluan pesanan orang, aku dekor dengan buttercream putih bersih plus taburan strawberry di atasnya. Biar awet merona, potongan strawberry aku lapis dengan agar-agar bening. Voila!


Bahan:
30 gr margarin
50 gr cokelat masak pekat, dipotong-potong
1/4 sdt cokelat pasta
250 gr putih telur
1/2 sdt garam
1 1/2 sdt emulsifier
115 gr gula pasir
140 gr tepung terigu protein rendah
20 gr kopi putih instan (1 sachet)
1/2 sdt baking powder
50 ml susu UHT
30 gr meises untuk taburan

Cara Pengolahan : 
- Panaskan margarin. Matikan api. Masukkan potongan cokelat masak pekat. Aduk sampai larut. Tambahkan cokelat pasta. Aduk rata. Sisihkan.
- Kocok putih telur, garam, dan emulsifier sampai setengah mengembang. Masukkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dikocok sampai mengembang.
- Tambahkan tepung terigu dan baking powder sambil diayak dan dikocok dengan mikser kecepatan rendah hingga rata bergantian dengan susu.
- Masukkan kopi putih instan, kocok lagi sebentar hingga rata.
- Masukkan campuran margarin sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan .dengan spatula
- Tuang setengah bagian adonan di loyang diameter 20 cm tinggi 7 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti.
- Kukus 10 menit dengan api sedang. Tabur meises. Kukus lagi 5 menit dengan api sedang. Jangan lupa beri lapisan serbet pada tutup kukusan untuk menghindari cake dari tetesan uap air.
- Tuang lagi sisa adonan. Kukus 15 - 20 menit sampai matang. 


Happy steaming!

0 komentar:

Posting Komentar