Bolen Pisang Ekonomis

Berhari-hari lihat postingan bolen pisang ekonomis di grup, hadeeh.., bikin emosi juga.. :)) Tanpa korsvet, tapi konon rasanya menggiurkan.. Ini kalau belum dicoba, belum terbukti.. Hehehee..

Baca resepnya disini, prosesnya mirip bikin puff pastry, ada acara lipat amplop segala. Tapi ini ngga pake didiemin di freezer.. Yukmari kita mulai..


Bahan A: 
100 gram tepung terigu protein tinggi 
1 sendok makan minyak goreng 
75 gram margarin

Bahan B: 
200 gram tepung terigu protein tinggi 
30 gram gula tepung (aku: gula kastor)
80 ml air 
75 gram margarin

Bahan Dasar Olesan (aduk rata): 
1 kuning telur 
2 sendok makan susu cair

Bahan isi: 
1 buah pisang tanduk, potong bulat, tidak perlu direbus/dikukus (aku: pisang raja, potong sesuai selera, lalu belah dua)
Keju cheddar atau DCC untuk isian, potong sesuai selera


Cara Pengolahan: 
Aduk rata bahan A, bentuk bulat. Diamkan 10 menit. Adonan ini hampir menyerupai adonan kue kering, lembek-lembek gimanaaa, gitu..
Aduk bahan B sampai setengah elastis. Diamkan 15 menit. 
Bagi adonan A dan B menjadi 15 bagian, bulatkan (aku: jadi 12 bagian supaya lebih gede).

Giling adonan B memanjang keempat ujungnya. Letakkan adonan A di atas adonan B (gambar 1). Lipat seperti amplop (gambar 2), satukan keempat ujungnya.
Giling tipis adonan memanjang, lipat tiga, kemudian tipiskan lagi (gambar 3). Ulangi sebanyak 2 kali. Lakukan hingga adonan habis. Diamkan 15 menit (gambar 4).
Penyelesaian: ambil satu gulungan, lalu giling adonan molen melebar. Letakkan setangkup pisang yang diisi keju atau DCC di dalamnya di tengah, kemudian bungkus dengan kulit. Rapikan. Lakukan sampai habis.
Letakkan di loyang yang sudah dioles margarin. Oles dengan bahan olesan. Taburi dengan keju parut atau mises di atasnya.
Oven 25-30 menit dengan suhu 180 derajat Celsius hingga matang.


Crunchy kalau masih anget, nih.. Boleh juga!
Happy baking! 

0 komentar:

Posting Komentar