Pumpkin Steam Cake

Jadi inget pernah bikin kue ini gara-gara ada teman di FB-group yang lagi bingung mau diapakan pumpkinnya.. ^^

Source-nya lagi-lagi lupa dapat dari mana, maap, yang pasti sudah di modifikasi sedikit dari resep aslinya supaya lebih pas di lidah. Sepertinya hobi bongkar-resep ini jadi "kutukan" tersendiri buat saya. Hahahaha..

Cake ini meskipun padat, tetapi lembut sekali di lidah. Basic rasa pumpkinnya sendiri sudah lembut, plus ditambah penggunaan susu yang membuat rasanya semakin milky.
 



Bahannya:
- 100 gr mentega
- 200 gr gula pasir
- 150 gr putih telur, suhu ruang (setara 5 bh putih telur) 
- 1 sdt vanila ekstrak

- 175 gr tepung terigu
- 1 1/2 sdt baking powder
- 1/4 sdt garam
- 150 gr labu kuning, parut kasar

- 150 ml susu cair
- 50 gr keju cheddar parut

 
Cara membuat:
- Siapkan loyang tulban diameter 23 cm. Olesi mentega dan taburi tepung terigu pada permukaannya hingga rata.
- Campur bahan kering (tepung terigu, baking powder dan garam), ayak agar remah dan tidak menggumpal.Sisihkan.
- Kocok mentega dan gula pasir dengan kecepatan sedang hingga lembut dan mengembang. Tambahkan telur satu per satu, pastikan telur tercampur dengan baik sebelum menambahkan telur berikutnya. Masukkan vanila ekstrak dan teruskan mengocok hingga adonan mengembang, kira-kira 5 menit. Matikan mikser.
- Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit bergantian dengan parutan labu kuning, aduk lipat sampai tercampur rata. Tambahkan keju cheddar parut. Aduk rata.
- Tuangkan adonan ke dalam loyang. Masukkan ke dalam dandang kukusan yang telah dipanaskan sebelumnya hingga airnya mendidih. Tutup rapat kukusan dengan tutup yang sudah dilapis dengan kain bersih yang menyerap air.
- Kukus selama 50 menit dengan api sedang. Tips: jangan membuka penutup kukusan selama cake dikukus, karena cake akan langsung mengkerut jika dibuka pada saat dikukus.

- Setelah matang, keluarkan dari kukusan, diamkan sejenak hingga uap panasnya hilang dan cake menjadi tidak terlalu panas.
- Setelah dingin, keluarkan kue dari loyang, lalu siap disajikan.

Happy steaming!

 

0 komentar:

Posting Komentar