Klappertaart a la Wilton

"Mba, bisa order klappertaart ngga?"
Sedikit panik karena belum pernah bikin klappy, tapi dengan pedenya saya jawab: BISA. Hehehe... Jadilah saya bongkar-bongkar file, ingat kalau duluuu banget, sekitar tahun 2010, pernah dikasih resepnya sama Hepi Hapsari dan sepertinya it sounds yumm..
Pernah sebenernya sih bikin, tapi yang abal-abal alias yg simple banget, pakai roti tawar.. Jadinya persis seperti puding roti. Kalau cuma buat konsumsi sendiri sih ngga masalah, tapi kalau orderan ya harus lain ceritanya..

Voila! Resepnya ketemu, tinggal dibaca-baca lagi supaya lebih marem, sambil sekalian bongkar arsip milis dan ublek-ublek di grup untuk pelajari tips & triknya. Sepertinya cukup mudah cara membuatnya, yang pasti kuncinya di pengadukan yang rata dan jangan sampai bergerindil supaya hasilnya lembut dan "kemleser" di tenggorokan..


Bahannya:
1 liter fresh milk
250 gr gula pasir (saya: 200 gr)
50 gr tepung terigu (saya: 100 gr)
50 gr maizena
50 gr tepung custard (saya: skip)
6 btr kuning telur (saya: kocok lepas)
150 gr mentega (saya: 75 gr butter + 75 gr margarin)
2 btr kelapa muda
100 gr kenari panggang cincang (saya: 50 gr almond)
kayu manis bubuk
kismis, rendam dengan air panas, peras, rendam dalam rhum (saya: vanilla essense) dan bubuhi kayu manis bubuk

Bahan topping:
6 putih telur
4 sdm gula
2 sdm terigu
kenari panggang cincang (saya: almond)
bubuk kayu manis

Caranya :
- Campur terigu, maizena, custard powder (kalau pakai), cairkan dengan 200 ml susu, aduk rata dengan ballon whisk.
- Rebus 800cc susu dengan gula sampai mendidih, lalu masukkan campuran tepung, aduk sampai matang (adonan meletup-letup).
- Angkat dari api, masukkan mentega, aduk rata, lalu masukkan kuning telur sedikit-sedikit sambil diaduk rata. Kemudian masukkan kenari panggang & kelapa muda, aduk rata
- Tuang kedalam loyang sampai 3/4 penuh, oven selama 15 menit.

Note: per 1 resep bisa untuk ukuran loyang 28 x 25 cm (saya lupa ukuran pastinya), atau 28 cup ukuran 5 x 5 cm.

- Sambil menunggu, kocok putih telur sambil diberi gula pasir sedikit sedikit sampai kaku, matikan mikser, lalu masukkan terigu, aduk rata dengan spatula.
- Semprotkan diatas adonan klappertart (boleh pakai contong plastik atau disendokin), taburi dengan kayu manis bubuk, beri almond dan kismis di atasnya.
- Panggang lagi sampai matang (kekuning kuningan)
- Setelah matang, keluarkan dari oven. Bisa disajikan hangat atau masukkan ke kulkas dulu untuk penyajian dingin.

Asli, ini uwenak! Saya ketagihan.

Dan ini versi topping keju cheddar yang aaahhhh..


06/24/13 @ 21.37 
Baruuu aja nemu cerita tentang kue ini di Wikipedia. Saya copas aja deh..
Klappertaart di Indonesia dikenal sebagai kue khas Manado dengan bahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega dan telur. Resep adonan tersebut merupakan pengaruh saat zaman pendudukan Belanda di Manado. Terdapat beberapa macam cara memasak klappertaart. Bila dipanggang dan menggunakan roti, maka akan menghasilkan klappertaart dalam bentuk yang padat, bisa dipotong layaknya kue taart pada umumnya. Tetapi ada juga cara memasak yang tidak panggang. Ini akan menghasilkan tekstur yang begitu lembut, seperti memakan custard yang langsung meleleh begitu masuk ke mulut. Kue ini paling nikmat bila disantap dalam keadaan dingin jadi tidak boleh dibiarkan terlalu lama di luar pendingin.
Klappertaart termasuk kue yang mengandung kalori yang cukup tinggi. Ada pengusaha klappertaart yang mencari campuran adonan yang lebih rendah jumlah kandungan kalorinya. Beberapa jenis klappertart menggunakan lemak rendah kalori, susu kalsium tinggi dan pemanis rendah kalori sebagai campuran adonannya menggantikan susu dan gula yang pada umumnya digunakan, sehingga menjadikan kue ini berkurang jumlah kalorinya. Klappertaart Rendah Kalori memang sengaja dibuat agar orang-orang yang sedang diet bisa menikmati kue lezat ini.
 

Happy baking!

0 komentar:

Posting Komentar