Coco Buns

Main-main dengan kelapa ternyata seru juga. Salah satunya ya bikin roti kelapa alias Coco Buns, roti dengan main ingredients kelapa. Rasanya? Manis, gurih, ngga bikin eneg, cucok buat sarapan di "hari cheating" dengan secangkir kopi item. Slurpphh..

Eh, "hari cheating"? Iya. Para penikmat food combining pasti familier dengan istilah ini. Yaitu istilah dimana sehari dalam  seminggu kita boleh ngga ikut pola makan fc. Kalau mau.. Kalau ngga mau dan pengen kekeuh fc terus ya ngga apa-apa juga :p


Bahan:
-          11 gr ragi instan
-          3 sdm air hangat
-          240 ml santan dari 65 ml santan kental instan yang dilarutkan dengan air
-          100 gr mentega
-          100 gr gula pasir
-          ½ sdt garam
-          1 butir telur
-          600 gr terigu
-          50 gr kelapa parut kering
Bahan olesan (campur rata):
-          1 butir kuning telur
-          1 sdm madu
-          5 sdm susu cair
Bahan taburan:
-          Gula pasir
-          Kelapa parut kering

Cara membuat:
1.      Dalam baskom besar, larutkan ragi instan dengan air hangat, aduk-aduk hingga tercampur rata, sisihkan.
2.      Panaskan santan dan metega hingga mentega setengah leleh, matikan api. Tambahkan gula pasir dan garam, aduk-aduk hingga mentega leleh seutuhnya.
3.      Masukkan masukkan telur, aduk rata. Ambil sedikit bagian dari tepung terigu (3 sendok makan), masukkan ke dalamnya, aduk hingga rata.
4.      Pada saat ini, campuran ragi sudah berbuih lembut dan mengembang. Ini pertanda bahwa ragi tersebut masih “hidup”. Tuang campuran santan tersebut ke dalam baskom yang berisi ragi, kemudian aduk hingga rata dengan menggunakan spatula kayu atau bisa dengan mikser roti kecepatan rendah.
5.      Setelah tercampur rata, masukkan terigu dan kelapa kering, mulailah mengulen hingga adonan kalis, atau selama 8-10 menit jika menggunakan mikser roti. Cek adonan, jika teralu cair, dapat ditambahkan terigu secukupnya.
6.      Setelah adonan kalis, bulatkan di dalam baskom, lalu tutup dengan serbet, diamkan selama 1-2 jam hingga adonan mengembang sempurna.
7.      Tinju adonan hingga mengempis.
8.      Bagi menjadi 12 bagian kecil sama berat, bulatkan, lalu atur di dalam loyang yang sudah dioles margarine. Diamkan sebentar sekitar 30 menit, lalu oles dengan bahan olesan, kemudian taburi kelapa parut dan gula pasir sesuai selera.
9.      Panggang dengan api 180°C hingga matang dan permukaan berwarna kecokelatan.
1.  Setelah matang, keluarkan dari dalam oven, lalu siap disajikan.

0 komentar:

Posting Komentar