Mini JRC

Ngga tahan untuk di- apload ini judulnya.. :)
Setelah selamat dan sukses dengan Kawung Ijo Roll Cake bulan lalu, aku tergoda untuk mencoba resep versi lain yang lebih ekonomis tapi lebih enak untuk diaplikasikan.

Resepnya aku dapet dari Ochikeron yang share di YouTube yang udah bolak-balik aku pelajari dan sedikit aku modifikasi. Aslinya, dia nge-set motifnya dengan dipanggang sebentar. Tapi aku aku pakai teknik dibekukan di freezer karena aku merasa lebih nyaman dengan metode ini; menurutku, dengan dibekukan begini, nantinya kertas pelapisnya lebih mudah dilepaskan.




Bahannnya:
Egg Yolk Batter
1 btr kuning telur
35 gr gula pasir
20 ml + 25 ml minyak goreng
60 ml air
80 gr tepung terigu
1 sdt vanilla essence

Motif
1/2 sdt terigu untuk setiap warna
pewarna makanan
1 btr putih telur
sejumput tepung maizena

Base Batter
4 btr putih telur (setara 120 gr - 150 gr)
30 gr gula pasir
1 sdt tepung maizena

Caranya:
- Seiapkan loyang ukuran 26 x 26 cm, oles dengan sedikit margarin, lapisi dengan kertas roti yang sudah diberi motif di baliknya, lalu lapisi lagi dengan margarin tipis-tipis saja, sisihkan.
- Buat Egg Yolk Batter. Dalam mangkuk kecil, mikser kuning telur, gula, dan 20 ml minyak sampai pucat dan mengembang. Masukkan 25 ml minyak goreng dan air, kocok lagi sampai tercampur rata. Masukkan terigu, kocok rata. Sisihkan.
- Buat adonan motif. Kocok putih telur sampai mengembang, masukkan maizena, kocok sebentar hingga soft peak. Siapkan beberapa mangkuk kecil untuk mencampur warna, isi masing-masing mangkuk dengan 1 sdt Egg Yolk Batter dan terigu, aduk rata. Beri warna yang diinginkan, aduk rata. Isi masing-masing campuran warna dengan 2 sdm meringue, aduk rata. Masukkan masing-masing adonan warna ke dalam piping bag, buat motif sesuai selera. Setelah selesai, masukkan ke dalam freezer 20-30 menit.
- Panaskan oven 160 C.
- Buat Base Batter. Kocok putih telur dengan gula sampai mengembang dan soft peak. Jika masih ada sisa dari adonan motif, boleh dicampurkan juga. Masukkan maizena, kocok rata. Matikan mikser. Campur adonan base ini dengan Egg Yolk Batter, aduk rata.
- Tuang adonan base ke dalam loyang yang sudah diberi motif, panggang 13-15 menit sampai matang.
- Setelah matang, keluarkan dari oven. Tanpa menungggu, keluarkan cake dari loyang dalam posisi terbalik. Langsung kelupas kertas rotinya dengan perlahan. Biarkan dingin sebelum di roll. Setelah di roll, segera masukkan ke dalam freezer selama 1 jam sebelum dipotong dan disajikan.

Untuk isiannya, aku cuma pakai simple whipped cream.


Happy baking!


0 komentar:

Posting Komentar