Cake Vanilla Keju

Akhirnya akupun terjerat racun group Tukang Jajan. Gegara mbak Maya Lestari bawa cake ini untuk potluck latbar, akhirnya se-gank teracuni untuk bikin. Gosipnya sih gampang bikinnya, karena pakai metode all in one atau cemplung semua bahan. Yang agak susah itu ngovennya, mesti au bain marie kalau mau lembut sampai ke luar.


Resepnya disadur dari Tabloid Sedap. Aku sedikit modifikasi dengan penambahan lemon zest supaya lebih seger aromanya. Sedikit tips marut kulit lemon untuk bahan tambahan, jangan sampai kena putihnya biar ngga getir. Rasa akhirnya? Monggo dibayangken paduan vanilla, lemon, keju, dan strawberry.. Enak!


Bahannya:
8 butir telur
150 gr gula pasir
1 sdm emulsifier
40 ml susu cair
1 sdt vanila susu
200 gr terigu
1 sdt lemon zest
150 gr margarin (lelehkan)

Bahan hiasan:
Buttercream
Keju parut
Selai strawberry yang dicairkan

Cara membuatnya:
Siapkan loyang 30x30x6 cm, alasi dengan kertas roti dan oles tipis dengan margarin. Bisa juga pakai loyang tulban diameter 28 cm seperti yang aku pakai ini.
Siapkan juga loyang yang berukuran lebih besar, isi air sekira 1-2 cm tingginya, masukkan ke dalam oven.
Panaskan oven 170°C.
Campur semua bahan jadi satu dalam baskom besar, kecuali margarin. Kocok dengan mikser kecepatan tinggi hingga mental berpita. Matikan mikser.
Masukkan margarin, aduk rata dengan spatula.
Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan, beri sedikit hentakan ringan supaya udara yang terperangkap keluar dan hasil akhir mulus.
Masukkan loyang ke dalam oven, letakkan di dalam loyang yang sudah berisi air. Panggang selama 35-40 menit hingga matang. Lakukan tes tusuk untuk memastikan.
Setelah matang, keluarkan loyang dari dalam oven, dinginkan kue di atas cooling rack hingga benar-benar dingin.
Untuk penyelesaian, olesi permukaannya dengan buttercream, taburi keju parut, dan hias dengan selai strawberry di atasnya.
Potong-potong, lalu siap disajikan.


Cukup gampang, dan sebanding dengan hasil yang didapat. Cocok buat kudapan kalau pas ada acara-acara apaaa gitu.

Happy baking!

0 komentar:

Posting Komentar