Sambal Roa

Hellooww.. Yuuhuu.. 
Kelamaan semedi di goa, sampai lupa caranya login ke blogger :') Terakhir beberes blog ini bulan Juni lalu kalau ngga salah. Sekarang bulan Oktober. Iyep. Nyaris 4 bulan. Fuih. *lap keringet*

Kali ini mau sharing resep Sambal Roa. 



Sambal ini aku bilang istimewa, karena ikan roa-nya susaaaah sekali didapat. Roa adalah sejenis ikan laut berukuran 20-25 cm yang cuma ada di daerah Ternate saja. 
Ini aja kalau bukan Yanti, my partner in crime, yang dapet, ya belum tentu bisa dibikin. Mau diganti sama ikan lain ya ngga akan dapetlah sensasinya.



Pertama kali aku makan Sambal Roa ini waktu masih tinggal di Bali, waktu entertain orang di rumah makannya Pak Bondan, as a side dish of singkong goreng yang lembut. Sejak itulah, aku jatuh cinta. Heuheuheu..

Straight to the point, ini resepnya..


Bahannya:
-          10 ekor ikan roa asap kering
-          10 siung bawang merah
-          3 siung bawang putih
-          8 buah cabai merah besar
-          4 buah cabai rawit merah
-          1 sdt garam
-          1 sdt gula
-          4 sdm minyak goreng
-          2 sdm air

Cara membuatnya:
1. Bersihkan ikan roa, ambil dagingnya, suwir-suwir, lalu haluskan dengan food processor atau blender. Lalu sangrai hingga matang dan harum. Angkat, sisihkan.
2. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah besar dan cabai rawit.
3. Panaskan minyak goreng di atas kompor dengan menggunakan wajan bekas menyangrai ikan roa, tumis bumbu sambal yang dihaluskan hingga matang dan harum.
4. Masukkan ikan roa halus yang sudah disangrai, tambahkan garam dan gula, aduk hingga rata. Tambahkan air, aduk rata. Masak hingga matang dan bumbu meresap sempurna.

5. Angkat, lalu sajikan.


Happy cooking!
Awas jarum timbangan geser ke kanan :p



0 komentar:

Posting Komentar